Wisata sejarah di Anyer Carita

Kalau Anda dan keluarga berencana untuk mengunjungi Pantai Anyer dan Carita dalam waktu dekat, jangan lupa mampir ke Mercusuar Cikoneng.

Mercusuar ini berada tepat di titik nol kilometer jalan raya Anyer-Panarukan atau disebut juga jalan raya pos.
Jalan yg membentang kurang lebih 1000 km ini dibangun pada masa pemerintahan Gubernur-Jenderal Herman Willem Daendels. Tujuan pembangunan Jalan Raya Pos adalah memperlancar komunikasi antar daerah yang dikuasai Daendels di sepanjang Pulau Jawa dan sebagai benteng pertahanan di Pantai Utara Pulau Jawa. Oleh sebab itu dibangun kantor pos tiap 4.5 km.
Daendels sendiri menjadi gubernur jenderal Hindia Belanda hanya selama tiga tahun (1808-1811).

Java_Great_Post_Road.svg

foto jln raya anyer panarukan oleh Gunawan Kartapranata (wikipedia)

Pemandangan di sini cantik sekali dengan karang-karang yang menyembul di permukaan laut. Pedagang kaki lima yang berjejer pun termasuk rapi dan tidak jorok.

view depan kaki lima
pemandangan dari dekat tempat parkir

Bila Anda datang bersama rombongan, terutama saat hari libur, dibolehkan menaiki mercusuar hingga ke atas.

Mercusuar Cikoneng sendiri sempat hancur saat terjadi letusan Gunung Krakatau, tetapi telah dibangun kembali.

Bila Anda berencana naik ke atas mercusuar yg tingginya 75.5 meter ini, baiknya jangan mengenakan alas kaki dan cuci kaki dahulu sebelum masuk agar bagian dalam mercusuar tetap bersih. Mercusuar Cikoneng memiliki 18 lantai dengan 286 anak tangga. jadi, siap-siap gempor yaa tuh betis 😆.

Oh iya, jangan lupa untuk berfoto ria di depan tugu titik nol kilometer yang ada di depan mercusuar serta berfoto di dermaga yang ada di seberangnya.

 

note tambahan

$ biaya masuk ke mercusuar cikoneng sekitar 15 rb untuk parkir kendaraan dan 7.500 rupiah untuk masuk ke dalam mercusuar.

$ pakai topi bila tiba di siang hari karena panasnya yang super terik.

$ untuk menuju kawasan anyer-carita, bila dari jkt&sekitarnya, dianjurkan lewat tol jkt-merak dan keluar tol cilegon timur (tarif tol 35 ribu). Langsung lurus saja terus melewati lampu merah perempatan, masuk jl nasional III yg merupakan jln tembus baru ke kawasan wisata Anyer Carita. Jalan raya (yang baru selesai dibeton akhir tahun lalu) ini akan berakhir di jl raya anyer-labuan sebelum pelabuhan banten dan sebelum pasar anyer. Ikuti jalan ke arah anyer. Lokasi mercusuar berada di sebelah kanan jalan, tidak jauh dari My Pisita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s