Liburan di Kawasan Wisata Gunung Salak

Okey..

Ceritanya bulan November 2012 kemarin, my beautiful cousin ngajakin me, my mom, and son jalan-jalan bertapa ke kawasan wisata gunung salak endah, or dikenal dengan nama gunung bunder. Tadinya males banget, ngapain juga bertapa di gunung, apa enaknya. hehehe..

perjalanan dimulai terlalu sore (hari Jumat, hampir jam setengah 5) karena nungguin pada pulang kantor dulu. kawasan wisata ini ditempuh sekitar 3-4 jam dari depok (tergantung kondisi traffic ya), melewati tol bogor lingkar luar (exit tol sentul city, ke kanan masuk tol BORR), lewat jalan baru, yasmin, dan belok ke arah Dramaga bogor, lurus terus sampai melewati pasar ciampea. Nggak jauh dari situ (kira-kira 10 km dari IPB Dramaga), ada pertigaan dan kami ambil arah ke kiri (cek google maps klo takut nyasar).

Pemandangan selama 20 menit pertama setelah belok dari pertigaan biasa aja. jalanannya sempit meskipun mulus, banyak perumahan, dan motor seliweran. Tapi, lama kelamaan, pemandangannya berubah menjadi pemandangan khas pegunungan. Kebun, hutan, sungai. Cantik banget deh..

Begitu memasuki gerbang kawasan taman wisata gunung halimun, perbedaan hawa sudah bisa terasa. di sini kita diminta retribusi. nggak terlalu mahal sih, lupa berapa harganya. setelah itu kami diperbolehkan masuk.

wooow.. gw nggak nyangka ada tempat sebagus ini deket kampus gw (dulu kuliah di IPB).. maklum, gw kutu buku yang gak sempet keliling2 daerah sekitar kampus, kecuali kalo ada praktikum or survei lapang..😛

begitu masuk kawasan taman wisata gunung halimun, kita disuguhin pemandangan hutan pohon pinus yang lebat sehingga terasa teduh, gelap, dan…. sedikit angker.. hehehehe.

sumber foto: faridmedia.blogspot.com
sumber foto: faridmedia.blogspot.com

saat melewati gerbang, azan magrib baru aja berkumandang, dan jalan yang dilewati sangat sempit (hati-hati kalo papasan sama mobil arah sebaliknya) dan di sebelah kanan jalan adalah jurang.. yaikkss… mana nggak ada penerangan. untung di mobil rame, jadi nggak berasa takut. kalo cuma sendiri, mending gw puter balik trus pulang deh.. hehehehe.. tapi asli seru banget..😀

Nggak lama menyusuri hutan, jalanan mulai terbuka dan terlihat banyak resort, warung, serta rumah penduduk di kanan-kiri jalan. my cousin rupanya sudah memesan villa di Pondok Rasamala. Villa-villa di sini kayaknya konsepnya back to nature. karena dibangun dengan campuran bata dan kayu, jadi kaya rumah gubuk gitu. tapi asri banget suasanannya. Bikin perasaan rileks.

Ini beberapa foto villa di Pondok Rasamala, sumber: http://www.pondokrasamala.com/rasamala/

Oh iya, di kawasan ini banyak banget air terjun or orang Sunda bilang ‘curug’. Di deket Pondok Rasamala, ada Curug Ngumpet (sempet main ke sana, cuma sekitar 20 menit jalan kaki melewati jalan setapak yang udah diplester, bukan tanah). Ada juga Curug Arjuna, Curug Seribu, Kawah Ratu, Curug Cigamea, dan Sumber Air Panas Ciparay.. oh iya, di sini juga katanya ada jembatan tajuk (canopy trail) lho. cuma kemarin nggak sempat liat-liat. maklum musim hujan.

sumber foto:www.liburananak.com
sumber foto:
http://www.liburananak.com

ini penampakan curug ngumpet
Curug Ngumpet

Buat yang pengen liburan di gunung, males macet-macet kalo ke puncak, cobain deh ke sini. harga villanya nggak jauh beda sama di puncak, pemandangannya lebih asri, dan anak2 bisa diajak trekking juga.. hehehe.. tapi jangan bawa bayi yee kalo trekking, dijamin capek🙂

kalau penasaran pengen tau apa aja yang ditawarin tempat wisata ini, boleh coba buka link di bawah:

http://liburananak.com/id/kids-holiday-spots/6-mountains-forests/48/taman-nasional-gunung-halimun#.UOSXjuQif1I

bener-bener berguna lho buat nambah pengetahuan, bukan cuma bagi orang dewasa, tapi juga bagi anak-anak.

14 thoughts on “Liburan di Kawasan Wisata Gunung Salak

    1. hehehe.. akhir tahun nggak kemana2 jati.. enakan juga dirumah, kemana2 macet.. tempatnya enak lho buat hiking. jangan khawatir soal jalan setapak menuju curugnya, rata2 udah ditambal batu2an. waktu itu aja aku ke curug ngumpet sama aza.. cuma ya enakan kalo ajak suami. bisa gantian gendong kalo anak kita capek jalan.. hihihi..

  1. salam kenal mba ice, aq juga pernah 2x ksana….asli tempatnya memang enak, pemandangannya bagus dan sejuk. Tapi hanya seharian belum pernah sewa penginapan di sana. Klo pondok rasamala ini utk 2 org berapa ya harganya mba..? trimakasih.

    1. kalau cuma berdua, aku bilang sih sayang banget.. hehehe.. soalnya rata2 pondokannya gede mbak. enakan rame2… aku nggak tau ada villa yang isinya cuma 1 kamar atau nggak. mending langsung tanya ke front-office nya mbak. biar lebih jelasnya..🙂

  2. di daearah ciapus ada pure Parahyangan Agung Jagatkartta, tempat’a bagus dan udara’a sejuk, klo buat saya prbadi org bogor, gunung salak endah mahal mba, karna pintu gerbang bayar, dan klo mau ke curug’a harus bayar lagi😀

    1. wah, saya belum pernah kesana tuh mas.. di sebelah mana ya? kalau dari baranangsiang ancer-ancernya ke mana mas?
      ke gunung salak endah sih mahal murah menurut saya relatif ya mas.. dibanding ke tempat wisata semacam dufan, taman safari, the jungle, dan sebagainya.. hehehe.. jauh ya perbandingannya.. tapi menurut saya masih terjangkau mas tiket masuknya. apalagi saya lebih suka ngajak anak2 mengunjungi wisata alam dibanding ke wahana2 permainan.. 🙂

    1. iya. cuma kata jagawana di sana canopy trail-nya lagi dalam perbaikan. maklum canopy trail-nya udah agak uzur.. nggak tahu deh kapan dibuka lagi buat umum.

    1. Mungkin bisa diantisipasi dgn berangkat pagi2. Abis subuh klo perlu. Hehehe.. becanda kok.. di sana emg selalu macet. Nggak sabtu minggu doang. Hari kerja jg. Apalagi di daerah bubulak, sekitar ipb dramaga dan pasar ciampea..

  3. Aku juga pengen deh kesan,kayaknya enak deh klo bareng keluarga,brp harga sewa villanya ya,biar bisa siapkan dananya

    1. Dari St.Bogor naik jurusan br.siang-bubulak (angkot 03). dari terminal bubulak naik angkot ke pasar Cibatok (lupa nomor brp trayeknya).
      Dari pasar Cibatok ke gunung salak endah naik Angkot 59. trus tinggal jln kaki deh. cuma buat pulangnya, mending tanya2 sm supir angkot buat cari tahu cara tercepat buat turun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s